1.
Menyusun
Rumusan Masalah
2.
Menyusun
Kerangka Teori
3.
Merumuskan
Hipotesis
4.
Melakukan
Eksperimen
5.
Mengolah dan
Menganalisis Data
6.
Menarik
Kesimpulan Mempublikasikan Hasil
1. MENYUSUN RUMUSAN MASALAH
Hal-hal yang
harus diperhatikan:
v
Masalah
menyatakan adanya keterkaitan antara beberapa variabel atau lebih
v
Masalah
tersebut merupakan masalah yang dapat diuji dan dapat dipecahkan
v
Masalah
disusun dalam bentuk pertanyaan yang singkat, padat dan jelas.
2. MENYUSUN KERANGKA TEORI
v Mengumpulkan keterangan-keterangan dan informasi, baik
secara teori maupun data-data fakta di lapangan.
v Merupakan argumentasi yang menjelaskan hubungan yang mungkin
terdapat antara berbagai faktor yang saling
terkait dan membentuk konstelasi permasalahan.
v Disusun secara rasional berdasarkan asumsi-asumsi ilmiah
yang telah teruji kebenarannya dengan memperhatikan faktor-faktor empiris yang relevan
dengan permasalahan
3. MERUMUSKAN HIPOTESIS
v
Hipotesis è merupakan jawaban
sementara atau dugaan pertanyaan yang diajukan
yang materinya merupakan kesimpulan dari
kerangka berpikir yang dikembangkan.
v
Hal-hal yang
perlu diperhatikan dalam merumuskan hipotesis:
·
Ditulis dalam
pernyataan sederhana dan jelas
·
Berdasarkan keterangan-keterangan
atau informasi yang dikaji baik dari sumber bacaan maupun fakta.
4. MELAKUKAN EKSPERIMEN/PENELITIAN
Merupakan pengumpulan
data atau fakta yang relevan dengan hipotesis yang diajukan untuk memperlihatkan
apakah fakta-fakta yang ada mendukung hipotesis tersebut atau tidak.
5. MENGOLAH DAN MENGANALISIS DATA
v
Melakukan
tabulasi data atau menyusun data sesuai dengan variabel yang diteliti dan
rancangan statistik yang digunakan.
v
Melakukan pengujian
statistik terhadapdata-data yang diperoleh sesuai dengan rancangannya dengan analisis
deskriptif, analisis sidik ragam dan uji lanjutnya.
v
Menginterpretasikan
hasil pengujian, sehingga memudahkan dalam pengambilan kesimpulan.
6. PENARIKAN KESIMPULAN
Merupakan penilaian
apakah sebuah hipotesis yang diajukan itu ditolak atau diterima. Jika dalam pengujian
terdapat fakta-fakta yang cukup mendukung hipotesis, maka hipotesis diterima. Jika
dalam pengujian tidak terdapat fakta-fakta yang cukup mendukung hipotesis, maka
hipotesis ditolak.
Hipotesis yang
diterima dianggap menjadi bagian dari pengetahuan ilmiah, karena telah memenuhi
persyaratan keilmuan yaitu mempunyai kerangka penjelasan yang konsisten dengan pengetahuan
ilmiah sebelumnya dan telah teruji kebenarannya. Keseluruhan langkah harus
ditempuh agar suatu penelaahan dapat disebut ilmiah.
Metode
Ilmiah penting dalam :
v
proses
penemuan pengetahuan
v
mengkomunikasikan
penemuan ilmiah kepada masyarakat.
7. PUBLIKASI ILMIAH
Langkah terakhir
dari suatu penelitian adalah membuat laporan atau dipublikasikan. Laporan atau
Publikasi hasil
penelitian merupakan media komunikasi antara peneliti dengan pembaca ataupun antara
peneliti dengan badan-badan yang akan menggunakan hasil penelitian tersebut.
Laporan ilmiah
ada 4 jenis, yaitu:
1) Laporan lengkap (monograf)
2) Artikel ilmiah
3) Laporan ringkas (Summary Report)
4) Laporan untuk administrator/pembuat kebijakan (Policy Maker)
v
KRITERIA
ILMIAH
Metode yang digunakan
dalam suatu penelitian dapat disebut ‘Metode Ilmiah’, apabila mempunyai kriteria
sebagai berikut
1) Berdasarkan fakta
Fakta-fakta yang nyata dikumpulkan dan dianalisa.
2) Bebas dari prasangka (obyektif).
Metode ilmiah harus:
a. Bersih
b. Jauh dari pertimbangan subyektif
c. Alasan kuat
d. Bukti lengkap
e. Obyektif
3) Menggunakan prinsip-prinsip analisa
Dalam menganalisa semua masalah harus dicari sebab-sebabnya.
Pemecahan masalah menggunakan analisa yang logis dan tajam. Fakta yang mendukung
dicari sebab-akibatnya
4) Menggunakan hipotesa.
Hipotesis harus ada pemandu ke arah tujuan
5) Menggunakan ukuran obyektif
Ukuran harus jelas dan pasti, bukan berdasarkan
perasaan atau hati nurani.
6) Menggunakan teknik kuantifikasi
Data dalam penelitian
menggunakan ukuran kuantitatif yang lazim (kg, ton, m, mm, ha, detik, ohm, watt,
dll). Kuantifikasi termudah adalah dengan menggunakan ukuran nominal, ranking dan
rating
No comments:
Post a Comment